Rabu, 04 Januari 2017

Bergelut dengan Semester

"Ya ampun, udah pada gede ya sekarang. Ih, kamu. Kamu itu dulu lucu banget loh, gendut pendek gitu. Sekarang udah cantik ya. Udah punya pacar pasti ya! Ah, tapi foto-foto kamu di instagram nggak pernah ada yang sama cowok berdua mesra gitu. Pasti masih jomblo, ya? Mau tante kenalin sama anak temen tante nggak?"

"Ih  kamu! Ah, siapa namanya? Dion, ya? Aduh, maaf lupa. Dulu kamu itu kecil cungkring, sekarang ganteng ya. Pacarnya mana? Tiap ada kumpul cuma kamu aja loh yang nggak pernah bawa gandengan."

Ya, kurang lebih seperti itu kalimat yang dilontarkan tante-om/pakdhe-budhe/cik-pakcik/bulek-paklek (atau apapun sebutannya) yang udah lama nggak ketemu lalu ketemu lagi waktu anak kecil itu udah jadi bandot tapi masih gitu-gitu aja alias jomblo.

Hal itu juga yang lagi gue rasain sekarang, setahun nggak buka blog, setahun nganggurin blog, setahun nggak nulis bebas kayak gini, setahun cuma nulis resensi novel, resensi film, resensi makanan dan masih banyak resensi-resensi yang harus gue hadiri sendiri (resepsi itu, nyet), yang akhirnya membawa gue untuk memutuskan menyelesaikan semester 3 gue di sastra Indonesia. Ya, harapan gue di postingan sebelum ini adalah semester 3 dan selanjutnya gue kuliah di sastra Jepang, tapi nyatanya gue nggak jadi pindah, dengan alasan udah terlalu nyaman dengan sastra Indonesia. Nggak sih, bohong.

Alasan gue nggak jadi pindah karena :

a. Gue males pindah          c. Ogah
b. Terlalu nyaman              d. Males aja

Ini sebenenya soal esai sih, bukan pilihan ganda.

Banyak temen-temen, guru gue, saudara-saudara gue yang mempertanyakan kenapa gue nggak jadi pindah ke sastra Jepang, karena itu emang rencana yang udah gue pikirkan sejak pendaftaran snmptn. Jadi gini, banyak alasan gue kenapa gue nggak jadi pindah jurusan ke sastra Jepang, salah satu alasannya adalah ternyata ketika kita akan pindah jurusan, kita harus melalui tes terlebih dulu, itu yang tercantum di buku panduan kampus gue, meskipun gue nggak tau itu tes apa. Ada satu temen gue dari sastra Jepang angkatan 2014 tapi tahun 2105, dia pindah ke sastra Indonesia tanpa tes, emang, tapi gue yakin itu adalah keputusan dari jurusannya.

Yap betul, alasan terbesar gue emang takut mencoba aja hahaha. Gue emang takut aja kalau mau masuk sastra Jepang ada tes hiragana/katakana sedangkan gue cuma bisa abjad A-Z, lalu gue cuma bisa anteng diem ketika ditanya. Belum, gue belum siap, mental gue waktu itu masih mental anak sekolah. Meskipun sekarang masih sama aja sih mentalnya hhh.

Udah panjang juga ngetiknya, sejam lebih loh gue mikirnya, ada yang berubah nggak sih dari gaya tulisan? Hahaha.

Banyak hal yang pengen banget gue tulis, gue ceritain, tapi 3 semester ternyata memang.... jelas... membuat saya..... banyak alasan aja. Yaaa karena sebenernya jadi mahasiswa malah harusnya bikin banyak waktu buat nulis, cuma emang males aja, dan sekarang ini gue udah masuk liburan sejak akhir bulan kemarin. Oh iya, mumpung masih tanggal 4 Januari, selamat tahun baru!!!! Resolusi? Harus tetep ada dong hahaha dan resolusi gue tahun ini cuma "gue harus nulis terus", ya meskipun gue kebanyakan ngomong doang, tapi seenggaknya gue punya sesuatu yang harus gue capai dan berjalan sesuai arah hahaha.

Gue nggak tau sih harus mulai dari mana, tapi gue mau nyoba nulis beberapa hal yang masih gue inget waktu registrasi ulang, masa ospek dan juga 3 semester yang udah gue jalani deh. Bentar, gue cek sosial media gue dulu hahaha.

1. Ngintip Kampus

FIB Undip nih hahaha













Gue yang waktu SMA emang nggak pernah ada niatan buat masuk Undip, akhirnya memutuskan ngintip kampus gue yang ada di Tembalang ini bareng temen SMA gue, Tasya, fyi dia kuliah di Purworejo, tapi kenapa dia mau gue ajak ke Undip? Karena dia mau foto di fakultas Hukum Undip terus dipamerin ke seseorang yang pernah ngobrak-abirk hati dia zaman SMA, yak motivasi yang luar biasa.
 
Balik ke cerita gue, waktu itu kita ke Semarang naik motor gigi, mau nggak mau gue harus di depan karena Tasya nggak berani naik motor gigi, yaa mungkin karena dia udah kebiasaan naik naga., sedangkan yang punya SIM cuma Tasya (waktu itu gue belum cukup umur buat bikin SIM, tapi boong sih, males aja), jadilah kita berangkat dengan gue yang bawa motor tanpa SIM dengan hati riang gembira dan nyasar ke arah Solo padahal jelas ada plang tertulis mana arah Solo dan mana arah Semarang. Pintar memang kami, terima kasih.

Setelah scene nyasar, akhirnya kita putar balik setelah bertanya kepada ibu-ibu rumpi. Hatipun kembali riang gembira, tapi kegembiraan tersebut nggak bertahan lama setelah kita diberhentikan bapak polisi di tengah perjalanan menuju cita (apaan). Gue sebenernya udah tau kalo ada operasi, tapi gue lihatnya di sisi kanan, sedangkan gue jalan di sisi kiri, pikir gue waktu itu, "udah ada polisi disini ini, nggak akan lah ada di depan," setelah ngomong gitu, gue mengutuk diri gue sendiri. Sebenernya kita udah sempet tukar posisi, tapi ada polisi yang udah terlanjur lihat kita tukar posisi, baguslah, baru pertama ke Semarang naik motor dan langsung kena tilang.

Anyway, polisi di Semarang juga baik hahaha, kita sempet ditanya kenapa udah sampai Semarang tapi belum bawa SIM, gue jawab aja jujur kalo gue baru pertama dan mau lihat calon kampus, terus dikasih selamat sama polisinya dan temen gue kena gombal hahaha. Kita juga dikasih petunjuk harus jalan kemana, berapa lama lagi buat sampai ke Undip yang akhirnya kita sampai di tempat tujuan dengan tidak nyasar-nyasar lagi, makasih pak Polisi!

2. Daftar Ulang (atau apapun namanya, gue udah lupa)

okezone.com












Hari itu untuk pertama kalinya gue pergi ke Semarang sendirian naik motor, pendekar banget udah buat gue mah hahaha. Santai, udah nggak nyasar dan nggak kena tilang lagi dong, sombong dulu lah udah punya SIM dan udah tau jalan ke Semarang. Cuma, gue nyasar di kampus sendiri. Iya, gue memang pintar sekali dalam membaca plang.

Gue masih inget banget, gue harus daftar ulang di Gedung Sudarto, tapi gue nyasar sampe Fakultas Sains dan Matematika (FSM), sedangkan gue masuk dari pintu gerbang utama yang seharusnya kalau emang mau ke FSM, pasti ngelewatin gedung Sudarto di sebelah kanan jalan karena itu jalan satu arah, dan... gue nggak lihat. Keren emang gue!

Akhirnya, gue punya ide cemerlang untuk membuka maps dan tada! Sampai deh di Sudarto yang ternyata tinggal putar balik dari FSM. Terimakasih, google maps! Bye, plang!

3. Ospek
Sepuluh ribu orang banget desel-deselan












Jadi, waktu pertama kali gue masuk buat ospek itu bulan lupa, tanggal lupa, tahun 2015. Hari pertama ospek satu angkatan diharuskan (atau diharapkan ya? Soalnya banyak yang nggak ikut, kayaknya hahaha padahal untuk seribu (atau seratus, ya?) orang pertama bakal dapet voucher Mcd hhh) untuk mengikuti upacara penyambutan di Stadion Diponegoro, kurang lebih sepuluh ribu mahasiswa. Layaknya upacara, kita dipanas-panasin di lapangan, dikasih semangat, didatengin gubernur Jawa Tengah, yaa gitu deh dibaik-baikin.

Di upacara penyambutan ini, broadcast awal dari BEM kampus itu diharapkan mengenakan pakaian resmi hitam putih, sepatu hitam kalau bisa pantofel/pdl, sedangkan gue nggak punya, akhirnya gue beli. Tolong, sepuluh ribu lebih manusia, siapa yang mau ngecek satu per satu gitu? Mana harganya lumayan lagi sepatunya, 50.000! Bisa buat beli paket internet axis 5 gb nggak tuh! Entah dimana sekarang sepatu pantofel gue itu, semoga dia bermnfaat, seenggaknya buat ganjel pintu.

Ospek di kampus gue ini dibagi menjadi 3 bagian, yang pertama ospek universitas, yang tadi gue ceritain itu ospek universitas, nah, kedua adalah ospek fakultas. Di ospek fakultas ini kita dikumpulkan di fakultas masing-masing, tentunya gue di Fakultas Ilmu Budaya, fakultasnya rakyat sastra, yoi haha. Ospek kali ini, seinget gue dikasih waktu 4 hari yaitu hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat. Senin sama Sabtu dipake buat ospek universitas.

Di 4 hari itu, hari Selasa kita ada penyambutan dari BEM fakultas dan petinggi di fakultas, miriplah sama pembukaan ospek universitas, hari Rabu kita dikumpulkan dari semua jurusan. Yaa, ceritanya cuma standar ospek sih, berkesan tapi nggak begitu menarik. Oh iya, kita juga diperkenalkan satu persatu sama organisasi yang ada di kampus, selain itu kita juga diperkenalkan sama jurusan masing-masing yang mana itu termasuk ospek ketiga, ospek jurusan. Bisa disebut perkenalan sih, bukan ospek.

Akhinrya, di cosing ceremony, kita membuat sebuah mozaik berbentuk Pangeran Diponegoro yang sedang menunggangi kuda.
Mozaik ODM 2015
Semua rangkaian ospek itu di kampus gue disebutnya ODM atau kepanjangannya Orientasi Diponegoro Muda. Tada! Resmilah gue jadi mahasiswa Universitas Diponegoro! Sampai di titik itu, gue masih bisa merasa bangga jadi seorang mahasiswa.

Kelar! Iya, belum hahaha. Gue bakal lanjutin cerita di semester 1 di postingan selanjutnya ya! Anyway, makasih banget udah mau baca tulisan nggak jelas ini, tetep baca dong hahaha semoga postingan ini juga berguna buat kalian yang lagi cari-cari kampus, bisa lah dijadiin referensi hahaha. Sekali lagi, makasiiih!

NB : sorry buat gaya tulisan gue yang agak berubah. Iya, gue masih labil berbahasa gitu ceritanya hahaha. Sangkyu!


4 komentar:

  1. Seems nice! :)

    Hey Kak, i would really appreciate if you let me know wdyt bout' this one :

    http://bradleykuper.blogspot.co.id/2016/12/monyet-itu-beranjak-dewasa.html?m=1

    Feel free to comment Kak,and i'm open for critics :)

    BalasHapus
  2. Oh ini ya yang namanya ifati.. dicariin bendahara noh di suruh bayar kas ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalian ya yang harus bayar uang upgrading. Terimakasih:)

      Hapus