Kamis, 19 Juni 2014

Purworejo, kotaku yang Berirama

Sesuk Minggu dik ayo tak jak melu aku
melu aku mlaku - mlaku ning Purworejo
kutho Purworejo sak kulon ngayojokarto
kuthane resik tur akeh tempat wisoto
aku melu mas mlaku - mlaku neng Purworejo
pingin ngerti endhahe kutho Purworejo
kutho purworejo dik akeh seng kondhang neng kono
yen sliramu melu di jamin ora kuciwa

Besok Minggu, neng ayo ikut aku
ikut aku jalan - jalan di Puworejo
Kota Purworejo barat nya Yogyakarta
kotanya bersih dan banyak tempat wisata
aku ikut, mas jalan - jalan ke Purworejo
Pengen tahu indahnyakota Purworejo
Kota Purworejo neng banyak yang terkenal disana
Kalau kamu ikut aku jamin tidak kecewa

Yap, itu adalah sebagian lirik dari lagu yang berjudul "Kutho Purworejo". Lagunya menceritakan tentang indahnya kota Purworejo gitu. Mau tau lirik lanjutannya? Cari aja di google hehe.

Ok, postingan aku kali ini bakal sedikit banyak ngebahas tentang kota kelahiran aku ini. Dan dengan adanya postingan ini, mulai sekarang aku bakal sering pakai kata "aku" dalam setiap postingan. Tapi mungkin nggak semua postingan pakai kata "aku". Kalo aku lagi khilaf, palingan ntar pakai "gue" lagi hehe.

Sebenernya sih, pengen banget aku posting pakai bahasa Jawa, tapi nanti susah. Musti nerjemahin segala.

ayokepurworejo.blogspot.com

Purworejo, di kota ini, banyak banget hal yang bisa dikunjungi. Salah satunya ke tempat wisata yang bernama Goa Seplawan.
budiseplawan.blogspot.com
Jujur, aku belum pernah main ke Goa Seplawan. Padahal aku pengen banget! Cuma.. nggak pernah ada yang ngajakin. Makum, i'm so alone hiks. Mungkin ada yang mau ngajakin aku?! Yuk, besok Minggu. Jam 5 dari rumah ku ya huehue.

Tapi meskipun aku belum pernah kesana, aku sering di ceritain sama temn ku yang tinggal di Kaligesing. Jadi, aku yakin kok Goa Seplawan pasti keren banget. Liat aja pemandangannya!
abdulkafim.blogspot.com




Beuh! Gimana? Keren nggak tuh! Lapin tuh iler! Sampe nggak kedip gitu ngelihatnya! Ah, ibuk daku pengin kesana. Ayo ajak aku. Ajak aku ke Goa Seplawan! Ke Kaligesing hehehe.

Ngomong - ngomong tentang Kaligesing, Kaligesing itu ternyata banyak banget objek wisatanya. Selain Goa Seplawan, ada juga air terjun alias curuk. Tapi aku lupa namanya curuk apa. Ah, aku sepertinya kurang memahami Purworejo. Ajak aku keliling Purworejo dong kang mas!

Weis, kalo air terjun alias curuk itu, di Purworejo nggak cuma ada di Kaligesing lho. Ada juga di Bruno. Beuh!

Purworejo juga punya pantai. Namanya Pantai Jatimalang.

akumassa.org
Jangan salah fokus ke mas - masnya! Lihat dong sunstenya. Kalau Pantai Jatimalang mah aku udah pernah kesana. Sering banget malah. Keren dong!

akumassa.org
Itu itu lihat! Aku jadi pengen ke pantai. Ah, lupa nggak ada yang ngajakin. Ok, no problem. I'm fine. *ngelap ingus*

Btw, Purworejo punya kesenian daerah lho. Salah satunya tari Dolalak (red: ndolalak).

revienspurworejo.com
Purworejo juga punya bedug terbesar di dunia. Weis!

budiseplawan.blogspot.com

Bedug terbesar itu, terletak di Masjid Agung Purworejo. Penasaran? Dateng aja lah ke Purworejo. Weis, tapi ajak - ajak aku ya huehehe.

Makanan khas Purworejo yaitu ada clorot, geblek, kue lompong dan masih banyak lagi!

ariesmunandara.blogspot.com
Itu clorot. Rasanya manis. Dan kalo nggak salah terbuat dari tepung kanji atau ketela gitu deh. Cari aja resepnya di google huehue.

tika-anggraeni.blogspot.com
Geblek. Enak banget dimakan pas masih anget. Terus dicocolin ke sambel kacang, minum yang anget - anget trus pas lagi hujan. Beuh! Syahdu bener deh!

nurrahmanif.wordpress.com
Kue lompong! Ini makanan khas Purworejo yang paling aku suka! Rasanya manis, dalem nya ada kacang alus nya gitu. Silver que*en? Kalah deh! Tapi kalo aku makannya kebanyakan suka eneg. Ya, soalnya manis banget. Udah yang makan manis, yang dimakan manis juga. Apa? Mau protes? Huehueh.

pondistempel.blogspot.com
Dawet Ireng atau dawet hitam! Seger banget diminum pas lagi panas. Sebenernya, dawet ireng ini sama kayak dawet yang lain. Cuma, kalo menurut aku dawet ireng lebih enak gitu, lebih kenyel. Pokoknya harus coba deh!

Eh, itu baju nya basah gitu kenapa? Ngiler ya? Huahahaha sama.

Purworejo juga punya beberapa corak batik yang khas. Salah satunya

fitinline.com
Itu corak batiknya kue lompong. Makanan khas Purworejo yang aku sebutin tadi di atas. Batik - batik di Purworejo, kebanyakan mengambil dari ke khas an Purworejo sendiri.

Yaaaaaa, cuma segitu yang bisa aku posting tentang Purworejo. Sebenernya, kekayaan alam di Purworejo masih banyak banget! Masih ada Benteng Pendem, Kaligesing aja masih menyimpan sejuta keindahan alamya. Dan Purworejo juga masih punya banyak makanan khas, kesenian, batik dan lain - lain deh pokoknya! Semua yang aku posting, aku yakin nggak seberapa banget buat Purworejo.

Oiya,

budiseplawan.blogspot.com
Mereka itu, komunitas blogger Purworejo. Dan sku belum jadi salah satu dari mereka. Padahal aku pengen banget. Salam kenal, blogger Purworejo. Boleh saya bergabung dengan kalian? Huehue nggak apa - apa kan. Kali aja ada blogger dari Purworejo baca tulisan aku terus ngajakin aku deh huehehe dan akhirnya aku ada yang ngajakin muehehe.

Tangan udah pegel ini. Udah malem juga. Aku mau pulang. Soalnya aku sekarang lagi ngeblog di warnet huehueh.

Postingan ini, aku dedikasikan untuk kota kelahiranku, Purworejo Berirama dan maaf, Purworejo, aku tau postingan ini banyak banget kurangnya huhu.

Ok, cukup segitu dulu deh kayaknya postingan hari ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih Purworejo untuk segalanya!

6 komentar:

  1. huaa.. jadi kangen kampung halaman..
    Jadi pengen ke kaligesing ke gua seplawan :3

    BalasHapus
  2. "Pulanglah, nak. Aku masih disini." Kata kota Purworejo :D

    BalasHapus
  3. Mbaknya asli purworejo tah? Wah, aku blogger kutoarjo, mesti ngertilah :)) Hahaha... Salam kenal, kunjungan pertama di blog simpe :))

    BalasHapus
  4. Wah, nggak tau sampeyan saya, mas :D Makasih udah nyempetin mampir blog yang lagi nggak keurus ini. Salam kenal :))

    BalasHapus
  5. Bagusnya.
    Saya asli Kaligesing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Wah, halo anak Kalges! Hehehe

      Hapus