Senin, 07 Juli 2014

Sekolah Menengah Pertama (2)

Hey kaliaaaaan! Aku mau ngucapiiiiiiiiiiiin...
Marhaban ya syahru ramadhan! Marhaban ya syahru 'ibadah! Buat kalian semua yang merayakan! Telat woy! Telat! *timpuk sendal*

Nggak apa apa deh ya, telat. Kan cuma telat aja nggak telat banget hehe. Maaf ya, di maafin kan? Lagi bulan puasa lho huehue.

Ngomongin bulan puasa, aku jadi keingetan waktu SMP lagi. Nah, makanya, aku mau posting lagi tentang...
.
.
.
.
.
.
.
.
.


.
.
.
.
.
.
Jeng jeng !
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Belum wee..
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Sekolah Menengah Perrrr...tamaaa!!! Yeeee... aa.. diatas udah di tulis, kampret!


Eh, sebelumnya...

Pondok Pesantren Muhammadiyah Tempuran

Nah, itu adalah tempat aku menimba ilmu agama lebih dalem waktu SMP. Dan sangking dalemnya, sampai - sampai nggak keliatan ilmu nya dimana hehe. Sebenernya masih ada bangunan lain, cuma aku nggak ada fotonya, jadi ya seadanya ya. Namanya juga anak pesantren, seadanya hehe.

Pesantren sama bulan ramadhan. Gimana? Cocok nggak? Kalo cocok, yuk nikahin aja mereka! *salah fokus*.

Waktu dulu aku di pesantren, bulan ramadhan itu adalah bulan yang (bisa dibilang) ditunggu - tunggu para santri wan/wati. Karena, di bulan ramadhan itu, ngajinya sebentar hehehe. Soalnya kepotong sholat tarawih ngahahaha. Terus, kalau hari - hari biasa, yang biasanya sehabis sholat Subuh berjamaah itu ngaji kitab, di bulan ramadhan, kita cuma disuruh nyimak guru pesantren membaca Al - Qur'an ngehehe *ketawa setan*

Bukan kenapa - kenapa sih sebenernya. Cuma, kalau hari - hari biasa kan kita disuruh ngaji kitab tuh. Nah, ngaji kiitab itu, menurut sebagian besar santriwan/wati susahnya minta ampun! Bayangin aja, disuruh baca tulisan Arab, tapi nggak ada harkatnya! Terus disuruh ngartiin + ngapalin hadits sebanyak 1000 lebih! Dan ini yang menurut aku paling gampang, tapi nggak bisa disepelein! Nyanyi pake bahasa Arab. Bukan nyanyi sih sebenernya. Jadi, belajar ilmu tashrif gitu dan ada nada - nadanya. Nah! Kalau kita ditunjuk buat ngapalin/ngebaca salah satu dari yang aku sebutin tadi, ya malu yang di dapet! Dan biasanya sih dimarahin. Errghh.. Itu moment yang epic banget deh pokoknya! Belum lagi kalau disuruh maju buat kultum! Mampus!

Lagi. Di hari - hari biasa, santriwan/wati harus pergi rada kesonoan dikit buat beli makanan. Ya, meskipun sebenernya di teras juga udah ada pedagang sih, tapi namanya juga manusia, nggak ada puasnya, mereka nyari jajanan keluar agak jauh dikit. Sekitar 1cm an lah dari teras. Nah, kalau bulan ramadhan beda. Semua pedagang ada di teras. Mulai dari bakso, kacang, sosis, bakso lagi, es, bakso lagi terus apalagi ya? Oiya bakso. Pokoknya banyak banget lah pedagang yang udah nungguin santriwan/wati keluar buat ngabuburit. Iya, ngabuburit di teras ngehehe

Lagian sebenernya ngabuburit itu apaan sih? Ngabuburit, ngabur - ngaburin duit? Yaelah kalau itu artiannya mah jalan ke teras aja duit udah abis semua, gimana mau jalan keluar? Ya ngutang hehe.

Bicara soal makanan. Ada yang tau sayur "kolak tahu" ? Aku yakin, nggak banyak yang tau tentang sayur satu itu. Bahkan mungkin nggak ada yang tahu. Denger aja belum pernah.

Kolak, identik dengan kata manis. Tapi, kolak yang satu ini nggak cuma manis, tapi juga gurih. Soal resep jangan tanya ke aku, tapi tanya ke ahlinya. Bu Mus. Bu Mus adalah salah satu rewang (pembantu) di PP Muhammadiyah Tempuran. Beliau yang masakin sayur buat santriwan/wati. Masakannya enak kok. Cuma, nggak tau kenapa beliau sering banget masak kolak tahu. Kolak tahu itu udah semacam makanan wajib santriwan/wati mungkin atau gimana juga nggak tau sih. Dan sangking seringnya, sampai bosen hehe.

Tapi kalau di bulan ramadhan, beuh.. sama aja sih sebenernya hehe. Enggak deh. Bulan ramadhan biasanya santriwan/wati dikasih makanan yang beda. Kadang kalau sahur kita di kasih sate. Tapi sering - sering nya telor. Ya meskipun sahur pake satenya 2 kali dan sahur pake telor nya 28 kali ya, yang penting kita mah sahur. Dan kalau buka gitu, biasanya kalau sate sisa sahur masih ada, ya bisa dimakan buat buka. Pun juga itu kadang rebutan. Santrinya 20 orang, satenya 3 tusuk.

Liburaaaaaaaaan!! Ini yang paling di tunggu - tunggu santriwan/wati! Ya! Bulan ramadhan pasti semua mudik! Semua pulang ke rumah. Melepas rindu dengan saudara di rumah! Tapi ada juga sih santriwan/wati yang nggak pulang. Alasannya sih emang pengen di pondok aja. Dan biasanya anak - anak yang kayak gitu bener - bener santriwan/wati yang dibanggain sama ustadz dan di sukai juga sama teman - temannya.

Ya, itulah anak pesantren. Yang nerima ya nerima, yang nggak betah juga banyak, yang masih bertahan tapi bete juga ada. Macem macem. Kita apa adanya waktu di pesantren, tapi kalau udah keluar dan tau dunia bebas, kita udah susah buat jadi apa adanya lagi. Familiar ya? Iya, ini kata - katanya Dzawin waktu show ke berapa itu haha. Semua tentang pesantren yang dikatain Dzawin, menurut aku banyak benernya hehehe.

Itu dulu aja deh ya. Udah jam 1 lebih nih. Udah mau sahur, aku malah belum tidur. Mana nggak ngantuk - ngantuk juga. Yaudah, selamat sahur semuaaaaaaaaaa~


NB:
Woy yang ngaku temen SMP aku! Nggak ada yang ngaku? Yaudah! Padahal aku pengen nanya "Ngaku nggak kalian kayak gitu?" Sama mau bilang "Kalau aku sih ngaku, aku emang kayak gitu ngahahahaha". Tapi kalian nggak pada ngaku sih. Yaudah, aku nggak mau bilang! Jangan ketawa!

4 komentar:

  1. Wih,, sebenernya pengen juga, sekolah + nyantri. tp belum diijini. hiks.:) btw kayaknya seru tuh

    BalasHapus
  2. Wah, kenapa? Padahal seru banget lho nyantri iru. Banyak pengalaman, banyak temen, dapet ilmu agama lebih hehe. Semoga aja dibolehin :)

    BalasHapus