Kamis, 17 Juli 2014

Hey, 3371 mdpl !

#NowPlaying - Di atas awan (Nidji)

Aku cuma bisa bersyukur lahir dan hidup di negara se-keren Indonesia. Wuhuuuuuuuuuuuuuuuu!! Tuhan emang Maha Keren! Ciptaan-Nya subhanallah... ngaga dah aku ahahaha.

Jadi ceritanya, kemarin hari Kamis tanggal 10 Juli 2014, aku sama 2 temenku survey ke salah satu gunung di Jawa Tengah. Gunung yang bisa dijangkau dari Magelang, Wonosobo, dan Temanggung. Yup, gunung Sumbing!

Survey ini diadakan karena beberapa hari sebelum kita mendaki, ada beberapa pendaki nyasar. Nah mumpung ramadhan, kita ibadah noh huehehehe.

Selain karena itu juga, temen aku mau ngadain silaturahmi di gunung Sumbing gitu sih. Ah, nggak tau deh. Nggak paham hehe.

Pendakian di gunung Sumbing ini buat aku adalah pendakian pertama ku dan paling istimewa. Kenapa? Karena selain pendakian pertama, aku juga pertama kali buka puasa dan sahur di atas gunung huehehe. Yoi.. kita naik gunung tapi tetep puasa dong.

Satu hal yang bikin aku bener - bener nyesel. Aku nggak ndaki sampe puncak. Yes, aku kedinginan.




Aduh, cerita dari awal aja deh.

Hari (lupa) tanggal (lupa) *ya ampun, apa sih yang aku inget*, temen aku, mas Joni, SMS yang isinya ngajakin aku ke gunung Sumbing.

"Besok ikut nggak, ke Sumbing?"
"Kapan?"
"Kalo nggak Kamis ya Jumat. Lihat sikon."
"Oke deh. Kabar - kabar aja."
"Sip."

Gitulah kira - kira isinya. Dan akhirnya kita sepakat buat berangkat ke gunung Sumbing tanggal 10 Juli 2014 hari Kamis ber empat, em.. bertiga sih. Eh, waktu itu belum pasti juga sih. Mau berangkat berapa orang.

Terus... beberapa hari setelah itu...

Kamis pagi, masih kayak biasanya. Aku bangun jam 08.00 (pastinya tidur habis sahur ngehehe). Aku inget, hari ini aku di ajak ke gunung Sumbing. Aku cek HP, dan ternyataa...



.....nggak ada SMS. Lupa ding kalo aku nggak punya pacar.


Sekitar jam 10.00, mas Joni akhirnya SMS ngingetin acara ke gunung Sumbing. Packing udah dari tadi malem dong. Semangat buat pendakian perdana!! Huehehehehehe.

Jam 13.00 aku berangkat dari rumahku (PALA LO jam satu!). Ok, ralat. Namanya juga orang aseli Indonesia. Rencana berangkat jam 13.00, eh molor sampe jam 14.00 lebih. Itu juga karena aku nungguin bokap pulang ngantor. Mau pinjem motor. Ada sih motor di rumah punya nyokap. Tapi matic. Yakali pergi ke gunung naik matic?

Akhirnya jam 14.00 (lebih) aku pergi naik motor matic punya nyokap *timpukin batu*. Temenku udah pada nungguin di tempat yang udah kita sepakati buat ngumpul. Sebut saja namanya Krasak.

Oh iya, pada akhirnya kita cuma berangkat ber-3. Aku, mas Joni, sama Edy. Yang lain nggak jadi berangkat.

Aku sampai Krasak kira - kira jam 15.00 (mungkin lebih). Dan disana aku di sambut pake sholawat. Ya enggak lah, dikata pulang haji? (Amiin). Disana kita ketemu, ngobrol bentar tentang senter yang ternyata yang bawa cuma mas Joni. Iya, senter nya cuma satu. Padahal senter yang mau aku bawa udah aku charge dari malem sampe siang. Dan ketinggal. Itu.. the kamvret moment banget.

Yaudah, karena hari udah makin sore, dan perjalanan dari Krasak ke basecamp juga lumayan lama, akhirnya kita berangkat. Aku naik motor sendiri, mas Joni & Edy naik angkot. Sebenernya mereka juga bawa motor, tapi mungkin karena mereka sedang di uji kesabarannya, rantai motor mereka patah di jalan. Aku cuma bisa berdoa. Semoga rantai itu cepat sembuh. Amiin.

Perjalanan dengan angkot pun berhenti di pasar yang sudah tak terdeksi oleh ku *apasih*. Dari situ, kita mulai naik motor. Mas Joni naik ojek, aku bareng sama Edy naik motorku. Sebelum itu, kita beli nasi bungkus buat dimakan waktu buka puasa di gunung.

Ada pelajaran yang aku petik waktu perjalanan dari pasar ke basecamp. Jangan pernah naik motor matic ke gunung! Apalagi kalo ban motornya udah aus! Terus bawa carrier sama ransel! Pokoknya jangan! Jangan pernah!

Sampai di basecamp kira - kira udah jam 16.00 (lebih). Basecamp yang ada di Magelang ini, terletak di desa Butuh, dusun Kaliangkrik, kecamatan Temanggung, kabupaten Magelang. Eh, bener nggak sih? Setahu aku Kaliangkrik itu kecamatan soalnya eheheh. Nggak tau deh. Pokoknya basecamp ini ada di desa Butuh dan tepatnya di rumah pak kadus.


Ternyata sampai basecamp/rumah pak kadus, kita harus nunggu dulu. Karena pak kadus nya lagi pergi. Tapi akhirnya kita nggak jadi nunggu pak kadus. Karena menurut senior, mas Joni, "Man eman wektune." Iya, sia- sia waktunya kalo cuma buat nungguin pak kadus pulang. Toh, naik duluan juga nggak apa - apa sih, asalkan udah ngisi nama di buku tamu terus masukin amplop. Eh, bukan! Bukan! Ini bukan buku tamu kondangan, bukan! Lupa.

Akhirnya, kita berangkat diiringi sedikit air hujan. Dikit doang sih. Nggak nyampe 5 menit juga udah reda.

Kira - kira kita berangkat jam 16.30 an. Hampir buka tuh! Hehehe.

Jam 17.34 waktu itu, kita buka puasa pertama kali di gunung! Mwehehehe. Alhamdulillah, ada tenaga lagi. Kira - kira satu jam kita istirahat buka puasa. Setelah itu, kita ngelanjutin perjalanan lagi. Di perjalanan, kita sambil masang kode di setiap tikungan. Kita pasang tali rafia disana. Biar nggak ada lagi yang nyasar. Harapannya sih semoga bermanfaat buat ke depannya juga. Amiin.

Btw, kita sering banget break. Yakin itu pasti gara - gara aku juga nghahaha. Di maklumin yak, namanya juga baru pertama kali naik gunung, kakak! Apalagi waktu itu lagi libur sekolah. Libur sekolah aku nggak pernah jalan. Di rumah mulu, tidur, liatin laptop, tidur, liatin TV, tidur, diliatin TV sama laptop, pokoknya gitu lah. Jarang banget kakinya buat jalan. Jelas kaget itu kaki hehe. Maaf ya, Ki *urut kaki*.


Tapi, di setiap break, aku (sendiri) sebenernya seneng banget. Karena malam itu, bintangnya banyak, bulannya cerah banget. Langitnya itu keren banget!! Satu harapan ku waktu itu. Aku bener - bener pengin ada Bambang waktu kayak gitu ngahahahahahahahaha. Nggak ding! Siapa Bambang? Cuma nama samaran aja. Huh!

Jam 23.00 (kurang/lebih) kita sampai di pos 3. Pos 3 ini, udah deket banget sama puncak. Kira - kira aku udah di ketinggian 2000+ waktu itu. Jam 24.00, tenda udah siap buat istirahat. Sebenernya kita bawa tenda 2, tapi disarankan oleh orang yang lebih ngerti, Edy, akhirnya kita cuma pasang satu tenda. Aku sih.. iya - iya aja. Orang anak baru mau macem - macem? Ya nggak berani! Ehehe lebih ke malu sih sebenernya, bukan nggak berani. Tapi tenda yang dibawa ini ternyata ukurannya cukup buat 5 orang. Jadi, kalo buat 3 orang ya.. gede lah.

Rencana ku sih aku bakalan langsung tidur, gara - gara dingin banget. Tapi ya... karena mas Joni sama Edy belum tidur, ya aku ikut - ikutan aja melek. Kita cerita - cerita  sambil nyemil. Makanan yang dibawa lumayan banyak. Padahal puasa hehehe. Setelah minum sereal, kita langsung tidur! Zzzzzz....





"Day.. Day.. Day.. Ssh! Day!"

 
Suara - suara gaib mulai membangunkanku. Halah! Itu suara temen ku bangunin aku sahur. Sumpah demi apapun! Aku nggak pengin bangun dulu sebenernya. Dingiiiin! Serius, tiap kali bangun yang aku rasain cuma dingin, dingin, sama dingin.

Tapi akhirnya aku bangun, sahur. Sahur nya waktu itu aku cuma pake roti sama sereal (lagi) dibuatin mas Joni ngehehehe. Aku tinggal duduk, nunggu dibuatin sereal, udah. Hehehe manja bangeeeeeeet.

Terik matahari mulai menyinari gunung Sumbing. Aku udah bangun sebenernya, tapi DINGIN! Jadi aku mutusin buat nggak bangun dulu. Daripada hipertemia dah.

"Sunrise nya mana?"
"Udah daritadi lah."
"Halah!"

Kira - kira gitulah percakapan kekecewaan temen aku gara - gara nggak dapet sunrise. Aku sendiri sebenernya juga nyesel banget.Kenapa tadi nggak banguuuuuuuuun!! Akhirnya aku tidur lagi sampai jam 09.00 (kurang).

"Mau ke puncak nggak nih?"
"Ya ayo! Tapi komandan gimana?"
"Tinggal aja gimana? Daripada kedinginan."
"Yaudah, bentar aku bangunin."

Iyaaaaaaa, aku jadi komandan waktu itu ngahahaha. Komandan nggak becus maksudnya nghehehehe.

Kira - kira jam 09.00 (lebih) aku ditinggal sendirian di tenda. Sendirian di tenda! Lagi ah, sendirian di tenda! Tulisannya di gedein ah biar greget. SENDIRIAN DI TENDA, SAUDARA - SAUDARA! Di alam bebas! Di gunung Sumbing! Mana kalo keluar tenda langsung jurang lagi. Wuh!

Nggak, nggak takut sebenernya, tapi kecewa (berat) nggak ikut mereka sampai puncak. Kecewaaaaaaaaaaaaaaa banget. Padahal tinggal beberapa langkah lagi. Hiks.

Jam 15.00 (kurang) mas Joni & Edy akhirnya sampai di pos 3. Kita siap - siap pulang. Tapi sebelum pulang, gara - gara kepakasa nggak ada orang lain selain bertiga, aku akhirnya bisa selfie huehehehehehe

But first, let me take a selfie hahaha

Iyaaaaaaa, akhirnya aku bisa selfie hahaha.

Ini tenda nyaaa.
"Aaaah telat nge foto nya! Harusnya tadi pas di puncak!" Protes mereka.
Ini di sebelah mananya tenda ya? Lupa.

Banyak kabutnya sih ya.

Kabut nya dimana mana.
Gantian foto part 1.

Gantian foto part 2.

Gantian foto part 3.
Cuma dikit gambar yang kita ambil waktu itu. Berhubung lowbat juga sih. Yaudah sih nggak apa apa. Hiks.
Setelah belum puas ber foto, kita berdoa buat perjalanan pulang.

Di perjalanan pulang, kita sempet kebanting alias terpeleset ber kali kali. Licin banget. Soalnya habis hujan juga. Aku sendiri hampir jatuh ke sungai gitu. Alhmadulillah, Allah masih sayang sama aku.

Waktu pulang, dan pas kita sampai di hutan, gelap banget. Ketutup kabut gitu. Bener - bener gelap. Mana senter cuma satu, untung ada HP. HP pun belum begitu terang, cahayanya putih lagi. Senter juga iya, cahayanya putih. Jadi nggak begitu kelihatan jalannya.

Kita buka puasa waktu itu di hutan. Sayup - sayup udah kedengeran suara adzan dari desa di bawah.

Alhamdulillah...
Waktu turun aku juga sempet keplanting dan tanganku nge gesrek tanah. Berdarah. Tapi dikit sih. Perih? Iya.

Nggak kelihatan ya? Huehehe.
Perjalanan pulang yang indah. Kembang api di sebelah sana, bulan teraaaaaaaang banget, bintang nya banyak banget. Keren, indah, dan itu ciptaan-Nya. Aku bersyukur bisa mendaki ke gunung Sumbing hari itu. Bersama mereka. Dan aku, masih ngebayangin ada Bambang disitu. Ewrgh... ngrusak ini ngrusak kata - kata!!

Sampai basecamp/rumah pak kadus sekitar pukul 20.30. (kurang/lebih). Kita langsung istirahat, ijin buat menginap sehari di rumah pak kadus. Alhamdulillah boleh. Pagi sahurnya, sereal mas Joni (lagi) masih bisa aku nikmati setelah aku di bangunkan berkali - kali seperti biasa. Dan alhamdulillah juga, kita dikasih makan sahur sama orang rumah hehe. Makasih, pak, buk..


Pukul 08.00 (kurang) kita pamit pulang ke Purworejo. Sempet jatuh gara - gara matic itu huehehe. Aku sendiri sampai rumah jam 09.00 (lebih).

Perjalanan melelahkan yang terkenang. Indah, banyak banget pelajaran yang bisa aku petik di atas sana. Di atas awan sana. Meskipun belum sampai puncak, tapi semoga suatu saat, aku bisa menggapai puncak Sumbing! Itu janjiku. Sebenernya kemarin waktu di tenda sendirian, aku nulis sesuatu di note HP. Tapi ada daya, kehapus. Hiks.

Terima kasih ya Allah, makasih mas Joni, makasih Edy! Makasih gunung Sumbing, makasih orang tua ku! Makasih Indonesia! Makasih supir angkot, makasih tukang ojek, makasih ibu - ibu warung nasi, makasih pak kadus, makasih bu kadus, makasih semuanya!! Makasih buat pengalaman mengesankannya! Dan makasih buat kalian yang mau baca tulisan nggak jelas ini! You are rocks, guys! :D

See ya 3371mdpl !! Note emang udah nggak ada, tapi aku masih akan terus mengingatnya! :D

1 komentar:

  1. Naik gunung, naik gunung.. Hal yang belum kesampaian sampe saat ini ahahaha

    BalasHapus